Pura Segara Banjar Siyut Gianyar , Bali - Indonesia

by - November 14, 2020


Berkesempatan untuk hadir di acara persembahyangan di kampung atau tempat kelahiran Bapak saya yang dimana lokasi nya di Desa Tulikup - Gianyar, Bali, Indonesia. Sangat bersyukur sekali dalam kondisi Covid - 19 masih diberikan kesehatan selalu dan saya berharap kalian yang membaca blog saya selalu dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Tuhan.

Perjalanan dari rumah saya ke kampung sekitar 20 menit saja, dan tidak terlalu menghabiskan banyak waktu di jalan raya. Semenjak ada Jalan Bypass Ida Bagus Mantra sangat terbantu sekali ketika melakukan perjalanan ke kampung. Kalo dulu sih lewat jalan raya kota yang menghabiskan waktu sekitar 1 jam an.

Jadi kalo di Bali setiap bulan ada upacara atau piodalan namanya entah di Pura - Pura besar atau upacara di rumah sendiri. Kalo di Bali, setiap orang agamanya Hindu itu ada namanya Merajan (Tempat Sembahyang / tempat suci) di rumahnya masing - masing. Tapi untuk di luar Bali yang agamanya Hindu pasti ada kok dirumahnya ada merajan karena itu wajib ada di setiap rumah.

Saya dilahirkan di keluarga yang sangat sederhana yang berasal dari desa dan saya anak kedua dari 2 bersaudara orang tua saya selalu mengajarkan saya untuk selalu hidup yang hemat. Kadang finansial cukup kadang pun kurang iya namanya juga hidup tidak ada yang selalu sempurna. Pada tahun 2010 silam, Bapak saya almarhum karena beliau sakit Kanker Nasofaring sudah berobat kemana pun dan bapak saya sakitnya dari sekitar tahun 2006. Dari Bapak saya meninggal, saya punya mindset selalu bisa menggantikan posisi bapak yaitu sebagai tulang punggung keluarga dan yang tidak merepotkan keluarga - keluarga saya dan yang saya butuh adalah support. Kenapa support? karena agar saya selalu bisa lebih yakin setiap melangkahkan kaki saya kemanapun. Semenjak Bapak saya meninggal, saya selalu dituntut untuk lebih aktif lagi untuk berkehidupan sosial di lingkungan sekitar rumah maupun di kampung halaman karena saya sebagai orang cowok berpikir juga yang kedepannya akan menjadi posisi seperti bapak saya.


Jadi, persembahyangan ketika di masa Covid - 19 ini sudah melakukan protokol kesehatan sesuai dengan peraturan pemerintah setempat. Jadi saya ingat dulu waktu saya kecil ketika Bapak saya masih hidup setiap ada piodalan di Pura ini beliau selalu mengajak sekeluarga untuk sembahyang ke Pura ini.






All photos by © Dewa Agung Wisnu
Edited on Adobe Lightroom
Foto menggunakan smartphone karena bawa kamera berat.

Semoga saya ada kesempatan untuk bersembahyang ke Pura - pura yang ada di luar Bali ya, oh iya bagi kalian yang baca blog saya, silahkan follow saya di Instagram untuk mutualan hehe.

Oke sekian dari blog aku, apa kalian ada pengalaman lain yang pingin di share? yuk sharing di bagian komentar ya!




Baca juga : 




 

You May Also Like

0 comments



 
Join Sahabat Blogger Group on telegram 

DMCA.com Protection Status